Kompetensi Keahlian Desain Komunikasi Visual SMK Negeri Jumo Temanggung bekerja sama dengan PT. Technoreka Inovasi Nusantara

Salah satu upaya untuk meningkatkan relevansi kompetensi keahlian guru produktif pada jenjang SMK dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada di dunia usaha dan di dunia industri adalah dengan melalui kegiatan magang guru. Oleh karena itu Kompetensi Keahlian Desain Komunikasi Visual SMK Negeri Jumo Temanggung bekerja sama dengan PT. Technoreka Inovasi Nusantara mengadakan kegiatan magang dengan Tema Pembuatan Media Pembelajaran meggunakan Augmented Reality.

Pemanfaatan media pendidikan menggunakan Augmented Reality dapat merangsang pola pikir peserta didik dalam berpikiran kritis terhadap sesuatu masalah dan kejadian yang ada pada keseharian, karena sifat dari media pendidikan adalah membantu peserta didik dalam proses pembelajaran dengan ada atau tidak adanya pendidik dalam proses pendidikan, sehingga pemanfaatan media pendidikan dengan augmented reality dapat secara langsung memberikan pembelajaran dimanapun dan kapanpun peserta didik ingin melaksanakan proses pembelajaran. Media Pembelajaran AR dapat memvisualisasikan konsep abstrak untuk pemahaman dan struktur suatu model objek memungkinkan AR sebagai media yang lebih efektif sesuai dengan tujuan dari media pembelajaran.

Augmented Reality (AR) dapat didefinisikan sebagai sebuah teknologi yang mampu menggabungkan benda maya dua dimensi atau tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan yang nyata kemudian memunculkannya atau memproyeksikannya secara real time. AR dapat digunakan untuk membantu memvisualisasikan konsep abstrak untuk pemahaman dan struktur suatu model objek. Beberapa aplikasi AR dirancang untuk memberikan informasi yang lebih detail pada pengguna dari objek nyata. Media merupakan sebuah alat atau objek yang berfungsi sebagai penghubung antara penerima dan pengirim pesan.

Kegiatan dilakukan selama 5 hari yaitu Tanggal 18 – 22 Desember 2023. Kegiatan magang dilakukan pada tanggal tersebut sehingga tidak mengganggu jalannya KBM di sekolah, dikarenakan pada tanggal tersebut siswa sedang Libur semester Gasal.

Hari pertama dibuka dengan materi pembukaan dan pengenalan Tools Unity dan Vuforia. Pada hari pertama masing-masing guru sibuk mempersiapkan aplikasi Unity yang memerlukan waktu dan penyimpanan yang agak lumayan besar, sehingga ada yang sambil membersihkan media simpan perangkat masing-masing.

Hari Kedua materi yang diberikan adalah Membuat Layout UI dan Script. Pada materi ini peserta sudah mulai familiar dan bisa menikmati proses pembelajaran. Dilanjutkan dengan hari yang ketiga adalah Memasukkan Aset 3D pada Vuforia. Dikarenakan waktu yang hanya terbatas, untuk asset marker dan 3D nya sudah di sediakan oleh pihak narasumber. Walaupun asset sudah disediakan, tetapi peserta terlihat serius untuk menghasilkan karya sebuah media pembelajaran yang menarik.

Hari ke empat dan kelima merupakan hari penentuan dari para peserta. Di hari keempat, peserta harus mampu membuat Final Project berupa media Pembelajaran sesuai dengan asset yang sudah disiapkan oleh pihak PT. Technoreka. Project dikerjakan secara berkelompok. Terlihat keseriusan bapak ibu Ketika mengerjakan project. Walau serius dalam mengerjakan tugas, tetapi kebersamaan dan terkadang canda tawa menghiasi setiap moment menjadi sebuah hiburan, menjadi sebuah penyemangat dan menjadikan Bapak ibu Guru DKV SMK N Jumo menjadi semakin solid. Dan pada akhirnya bapak ibu guru mampu menghasilkan Media pembelajaran berbasis Augmented Reality dan Siap di Bagi ke siswa-siswa DKV SMK N Jumo.

Salah satu upaya untuk meningkatkan relevansi kompetensi keahlian guru produktif pada jenjang SMK dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada di dunia usaha dan di dunia industri adalah dengan melalui kegiatan mgang guru. Oleh karena itu Kompetensi Keahlian Multimedia SMK Negeri Jumo Temanggung akan melaksanakan kegiatan magang untuk guru produktif.

Share Halaman Ini :

Facebook
Telegram
WhatsApp
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments