Projek Suara Demokrasi dan Bhinneka Tunggal Ika

Jumo (29/11/2023) – “Projek Suara Demokrasi dan Bhinneka Tunggal Ika” Tema P5 yang dilaksanakan di SMKN Jumo.

Dalam rangka memupuk semangat demokrasi dan memperkokoh rasa kebhinekaan di kalangan siswa, SMK Negeri Jumo menggelar kegiatan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dengan tema “Projek Suara Demokrasi Bhinneka Tunggal Ika.” Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh siswa dan guru untuk menciptakan suasana penuh semangat kebangsaan. Kegiatan P5 ini dilaksanakan selama hampir dua minggu yaitu dari tanggal 13 sampai dengan 28 November 2023. Ada beberapa tujuan yang ingin dicapai dari pengambilan tema ini diantaranya sebagai berikut.

  1. Meningkatkan wawasan dan pengetahuan siswa tentang konsep demokrasi dan kebhinekaan.
  2. Mengaplikasikan prinsip demokrasi dan kebhinekaan dalam kehidupan sehari-hari siswa.
  3. Menerapkan prinsip demokrasi dan kebhinekaan dalam berbagai kegiatan di sekolah dan di masyarakat.

Acara dimulai dengan sambutan dari kepala sekolah, Bapak Drs. Tokhibin, M.Pd. yang menekankan pentingnya demokrasi dan toleransi dalam kehidupan berbangsa. Projek ini bertujuan untuk melibatkan siswa dalam pemahaman nilai-nilai Pancasila dan mengapresiasi keberagaman budaya di Indonesia.

Setiap kelas diberikan tugas untuk membuat proyek kreatif yang mencerminkan tema “Suara Demokrasi dan Bhinneka Tunggal Ika” dari seni visual hingga pertunjukan. Setiap proyek menggambarkan nuansa demokrasi dan keanekaragaman budaya di Indonesia dengan kreativitas yang mengagumkan. Guru pendamping memberikan dukungan dan bimbingan dalam merancang proyek-proyek tersebut.

Selain itu, kegiatan P5 ini juga mencakup simulasi pemilihan umum secara demokratis. Para kandidat mengajukan visi dan misi mereka, kemudian siswa dari setiap kelas memilih calon yang dianggap paling mewakili aspirasi dan kebutuhan mereka. Hal ini tidak hanya melibatkan siswa dalam proses pemilihan, tetapi juga mengajarkan mereka tentang tanggung jawab dan partisipasi dalam kehidupan berdemokrasi.

Dengan keberhasilan Projek Suara Demokrasi dan Bhinneka Tunggal Ika, SMKN Jumo berharap kegiatan semacam ini dapat menjadi langkah positif untuk membentuk karakter siswa sebagai warga negara yang demokratis, toleran, dan cinta akan keberagaman. Melalui projek ini diharapkan para siswa dapat lebih memahami dan menghargai kebhinekaan Indonesia sehingga mereka menjadi generasi penerus yang berkomitmen untuk membangun bangsa yang bersatu dalam keragaman.

Share Halaman Ini :

Facebook
Telegram
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *