SMK N JUMO, 16/4/2024 – Bertepatan dengan hari kemenangan bagi umat islam yang telah usai melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan selama kurang lebih 30 hari, SMK N Jumo mengadakan halal bil halal bertempat di halaman utara yang dihadiri oleh semua warga sekolah dari KOMITE SEKOLAH, Kepala Sekolah beserta Guru dan Karyawan serta siswa-siswi SMK N Jumo.

Pembukaan acara yang dibawakan oleh Aisyah dan Amelia sebagai pembawa acara Halal Bil Halal 1445 H, dengan menampilkan hasil karya sebagai pembuka acara oleh The Stern Band music dan Hadroh El Mahabah (Rebana) yang merupakan ekstra kurikuler yang diadakan di SMK N Jumo.

Sebagai pembuka di awal acara The Stern Band yang beranggotakan dari beberpa personil yaitu Jannie (keyboard), Natali (Guitarist), Tiara (Singer), Damard (singer) , Ahmad Fazi (Guitarist) membawakan beberapa lagu seperti “ Man’ana, Allah Karim, Yank (Wali), Gugur SatuTumbuh Sepuluhribu, Aisyah Istri Rasulullah dan Takkan Berpaling Darimu.

Diacara selanjutnya Hadroh El Mahabbah beranggotakan beberapa personil  yaitu Bayu, Farid , Zulfi , Zainul, Dafa, Azril, Marega, Rian, Ardan, Chafit, Bhesti, Fara, Sifa, Fira, Anugrah Dafa. Dengan melantunkan ciri khas musik islamiah memukul darbuka menjadikan lantunan lagu Bismillah Tawasalna, Isfa’lana, Khirol Bariyah, Al Hijrotu, Hayyul Hadi, Qomarun, Azka Taslimi, Nabi yang Mataharinya Dunia, Nasabahe Kanjeng Nabi, Walisongo, Ramadhan Tajjala, Alamate Anak Soleh, Sifate Murid.

Usainya dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Alqur’an dan terjemahan yang dilantunkan oleh Chafit dan Sela.

Berlangsungnya acara dengan adanya perwakilan sambutan dan ucapan  dari pihak terkait yaitu dari perwakilan siswa, Guru dan Staff Karyawan, Kepala Sekolah dan Komite Sekolah.

“saya mewakili seluruh siswa siswi mengucapkan selamat hari raya idul fitri minal aidzin wal faidzin mohon maaf lahir dan batin, sebagai siswa tentunya kami banyak kesalahan, kami ucapakan mohon maaf kepada kepala sekolah, guru beserta karyawan SMK N Jumo” tutur Danang salah satu perwakilan siswa.

“Kita disini niat tolabul ilmi, sedikit-dikitnya kita dalam mencari ilmu senantiasa akan terus bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari dan dimasa yang akan datang” Rajiyo S.Pd, pungkasnya dalam sambutanya.

Drs. Tokhibin M.Pd dalam sambutannya “Taqabbalallahu Minna Waminkum, minal aidzin wal faidzin mohon maaf lahir dan batin.” Beliau mengucapkan, mewakili seluruh warga SMK N Jumo dan serta secara pribadi meberikan selamat atas kemenangan yang telah diraih dari menjalankan ibadah puasa selama 30 hari, sehingga pada hari ini bisa bertemu dalam acara kegiatan halal bil halal Idul Fitri 1445 H.

Memasuki acara inti waktu menunjukan pukul 10.30 wib, Kyai M. Ahkam dari Parakan yang sengaja didatangkan langsung ke SMK N Jumo untuk megisi kegiatan kajian dalam acara Halal Bil Halal 1445H.

Dalam kajianya menyatakan “Setelah meninggalkan hari ramadhan apa yang dirasakan dan siapapun boleh melaksanakan puasa dari segala umur, akan tetapi beda lagi yang dengan Idul Fitri dan hari lebaran, kenapa! karena idul fitri adalah momen buat umat islam yang usai berperang melawan hawa nafsu ketika dibulan Ramadhan sebagai bentuk kemenangan.” “Beliau juga menjelaskan kenapa diadakn idul fitri ? yaitu menjalin hubungan kerabat dekat dan adanya ikatan keturunan yang disebut silaturahim/silaturahmi, begitu pula menjalin hubungan yang tidak ada ikatan keturunan yang disebut Ukhwah Islmaiyah.” Tandasnya kajian yang beliau sampaikan.

Doa yang dibacakan oleh Kosam Supriyono selaku Komite Sekolah menjadi Kegiatan penutup yang selanjutnya dilanjutkan dengan bersalam-salaman siswa-siswi kepada seluruh warga sekolah SMK N Jumo.

Share Halaman Ini :

Facebook
Telegram
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *