Dalam rangka mempersiapakan Uji Kompetensi Keahlian (UKK), SMK Negeri Jumo kompetensi keahlian Multimedia mengadakan Pelatihan Content Creator bidang Motion Grapich. Kegiatan ini diikuti oleh semua peserta didik kelas XII kompetensi keahlian Multimedia selama 4 hari (7 sampai 10 Maret 2022) secara bergantian dengan tetap menerapkan protocol kesehatan secara ketat.

UKK merupakan penilaian akhir studi pada satuan pendidikan SMK untuk menentukan peserta didik kompeten atau belum kompeten pada kualifikasi tertentu. Kegiatan ini dilaksanakan di satuan pendidikan dengan menghadirkan mitra dunia indusri untuk menilai kompetensi peserta didik. Sehingga memang sangat perlu dipersiapkan agar semua peserta didik dapat kompeten

Mengingat sebelumnya siswa belajar melalui Daring tentunya muatan Ketrampilan belum bisa dipraktikan sepenuhnya. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Ibu Salist Nurhayati, S.Kom selaku K3 Multimedia SMK N Jumo bahwa anak anak Kelas XII Multimedia Tahun 2021/2022 adalah peserta didik yang merasakan imbas langsung dari adanya Pandemi Covid-19 yang mengakibatkan berkurangnya keterserapan materi pada mata diklat kompetensi keahlian Multimedia.

Sebagai bentuk dukungan persiapan UKK, kompetensi multimedia mengundang Studio E &  E Media Kreatif untuk mengisi kegiatan. Kegiatan yang dilakukan adalah membuat Motion Grapich dengan menggunakan beberapa aplikasi seperti Adobe illustrator, Adobe Photoshop, Adobe Premiere dan Adobe After Effect. Akan tetapi yang menjadi focus pada kegiatan ini adalah pembuatan Motion Grapich yang banyak menggunkan After Effect.

Tentunya hal ini banyak mendapatkan respon baik dari para siswa karena disamping sebagai persipan UKK tetapi sekaligus memberikan wawasan baru terkait content creator khususnya bidang motion grapich. Sehingga dengan adanya kegiatan ini peserta didik menjadi lebih mantap untuk menghadapi UKK, disamping juga mendapatkan pengalaman baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *